Bisnis Modal Kecil Menguntungkan

Ada beberapa jenis bisnis dengan modal kecil yang bisa menguntungkan, tentunya sesuai dengan target dan modal Anda. Melihat sepintas mengenai Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, saat ini bisnis UKM punya peran yang sangat krusial dalam perekonomian negara lho.

Bagi mereka yang memiliki modal kecil sangat disarankan untuk menunjukkan kelebihan dari sisi kreatifitas agar bisa bersaing di era ekonomi global di masa mendatang. Selain itu, bidang usaha yang dipilih pun tidak boleh asal pilih tapi harus sesuai dengan modal usaha dan keterampilan.

Di artikel ini, saya ingin membahas beberapa bentuk usaha dengan modal kecil yang menguntungkan. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan situasi tempat Anda berada.

1. Membuka Usaha Gorengan

Bisnis berjualan gorengan membutuhkan modal yang cenderung kecil. Walaupun modalnya kecil tapi potensinya sangat baik dan menguntungkan.

Modal awal untuk menjalankan bisnis gorengan bisa menggunakan peralatan rumah tangga yang sudah ada. Yang paling penting di bisnis ini adalah kemampuan meracik bahan gorengan itu sendiri.

Bahan-bahan makanan yang perlu disiapkan harus yang berkualitas baik agar menghasilkan gorengan yang baik pula. Beberapa bahan yang akan sering Anda beli adalah minyak goreng, tepung terigu, dan bahan-bahan lainnya sesuai jenis gorengan yang akan dibuat.

2. Membuka Usaha Minuman

Bisnis minuman merupakan salah satu bisnis modal kecil yang sangat menjanjikan karena selalu dicari oleh banyak orang. Ada banyak gerai minuman yang menawarkan jenis minuman khusus, baik itu minuman dingin atau minuman hangat.

Rasa dari minuman yang dijual pun turut berperan besar dalam keberhasilan bisnis minuman. Minuman dengan rasa coklat, vanilla, rasa buah, merupakan beberapa dari varian rasa minuman yang sering dicari oleh konsumen.

Usaha kecil ini sangat menjanjikan bila beroperasi di lokasi yang tepat. Misalnya di sekitar sekolah atau tempat wisata yang ramai pengunjungnya.

3. Membuka Usaha Mie Pangsit

Usaha yang sering dijalankan oleh pecinta kuliner ini ternyata sangat banyak lho peminatnya di Indonesia. Berjualan mie pangsit tidak membutuhkan modal yang besar, tapi potensi keuntungannya sangat menjanjikan.

Pada awal merintis bisnis mie pangsit mungkin modalnya agak besar karena harus mempersiapkan beberapa peralatan penting. Namun, untuk modal operasionalnya sangat terjangkau, apalagi bila penjualan mie pangsit cukup laris.

Keuntungan bisnis mie pangsit ini juga sangat menjanjikan lho. Keuntungan dari satu porsi mie pangsit bisa mencapai 300% dari modalnya. Tentunya Anda harus menjaga kualitas rasa dan bahan dari mie pangsit yang dijual.

4. Membuka Usaha Warung Kopi

Minuman kopi adalah salah satu jenis minuman yang sangat banyak peminatnya, baik di kota besar ataupun di desa. Para pecinta kopi berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pekerja kasar hingga pekerja kantoran, berusia muda hingga tua.

Harga secangkir kopi hitam atau kopi mix di warung pinggir jalan, terminat, atau warung tenda, biasanya berkisar pada Rp 3000 per cangkir. Sedangkan modal untuk kopi tersebut kurang dari Rp 1000. Keuntungannya bisa mencapai 100% per cangkir lho.

Bisnis warung kopi juga bisa dikombinasikan dengan berjualan makanan kecil. Misalnya roti bakar, kacang rebus, gorengan, indomie goreng/ rebus, hingga makanan utama seperti nasi dan lauk pauknya.

5. Membuka Usaha Barbershop

Mungkin sebagian orang menganggap bisnis potong rambut bukanlah bisnis yang menjanjikan. Tapi faktanya usaha potong rambut sudah semakin jamak kita temukan di kota-kota besar, misalnya di Jakarta.

Dengan modal yang sangat terjangkau, Anda bisa membuka sebuah usaha barbershop yang dilengkapi dengan peralatan yang cukup modern. Bila Anda menarget konsumen pria, maka peralatan yang dibutuhkan akan lebih sedikit dan sederhana.

Faktor penentu kesuksesan di bisnis barbershop adalah keterampilan para pekerjanya. Karena potongan rambut yang membuat konsumen puas akan membuat mereka kembali lagi ke tempat Anda, bahkan akan membantu promosi ke rekan mereka.

Selain itu, lokasi barbershop juga menjadi faktor penting agar bisnis potong rambut Anda bisa berhasil. Pilihlah lokasi yang strategi dan cukup ramai dilewati calon pelanggan, misalnya di sekitar perkantoran atau pusat perbelanjaan.

6. Berjualan Sayur Keliling

Bisnis ‘rakyat kecil’ ini seringkali diremehkan oleh kebanyakan orang. Mereka menganggap bisnis jualan sayur keliling hanya dilakukan oleh masyarakat kelas bawah.

Faktanya, penjual sayur keliling justru mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari bisnis ini. Kalau kita bicara soal uang, maka bisnis berjualan sayur keliling ini bisa menghasilkan uang yang sangat besar. Bahkan keuntungan per bulan dari bisnis ini bisa puluhan hingga ratusan kali dari gaji pekerja kantoran.

Selain sayur, tentu saja Anda ingin membuat bisnis sayur keliling Anda lebih bervariasi dengan menambahkan beberapa produk lain. Misalnya menjual ikan, daging sapi, bumbu, dan beberapa bahan makanan lainnya yang sering dicari oleh masyarakat.

Kendala yg Sering Dihadapi di Sektor Usaha Kecil Menengah

Walaupun sektor UKM telah terbukti berperan besar bagi perekonomian Indonesia, ternyata pertumbuhan UKM masih terhitung sangat lambat. Hal ini dikarenakan masih rendahnya pengelolaan modal kerja serta masih sulitnya mendapatkan modal untuk membangun usaha.

Hal ini sudah menjadi isu nasional di Indonesia sehingga permasalahan yang sama, yaitu permodalan masih menjadi faktor penghambat pertumbuhan dan perkembangan UKM di Indonesia. Namun, tentu saja ada solusi yang bisa diupayakan oleh calon pengusaha, yaitu dengan cara memulai usaha modal kecil yang terbukti menjanjikan untuk jangka panjang.

Kita berharap kedepannya pemerintah daerah dan pemerintah pusat lebih memperhatikan masalah permodalan UKM ini agar pertumbuhan UKM di Indonesia lebih besar lagi. Selain itu, pembianaan dan pelatihan UKM juga sangat dibutuhkan agar UKM di Indonesia bisa menghasilkan produk-produk terbaik di bidangnya masing-masing dan terus bertumbuh hingga ke pasar Internasional. Semoga saja.